Segmentasi Pasar dan Analisa Demografi

Segmentasi Pasar

Secara umum definisi segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi beberapa bagian atau irisan konsumen yang khusus mempunyai kebutuhan atau sifat yang sama dan kemudian memilih satu atau lebih segmen yang akan dijadikan sasaran.

Menurut Thompson menyatakanbahwa tantangan dalam pemasaran adalah untuk mengidentifikasi pasar potensial yang menguntungkan untuk dilayani karena jarang sekali satu program pemasaran dapat memuaskan pasar yang heterogen yang berbeda selera dan karakteristik untuk itu diperlukan segmentasi pasar.

Tujuan Segmentasi Pasar

  1. Memudahkan Pembedaan Pasar
  2. Perbaikan Pelayanan
  3. Strategi Lebih Terarah

Analisa Demografi

Dalam menentukan Demografi (daerah) pasar, terdapat 5 Analisa yang dapat di gunakan yaitu :

1. Single Segment Concentration

    ialah dimana perusahaan hanya memilih satu segmen saja sehingga perusahaan hanya fokus pada satu segmen produk sehingga akan mendatangkan keuntungan yang banyak, tetapi segmen ini memiliki resiko yang cukup besar.

2. Selective Specialization

    yaitu perusahaan mensleksi produk untuk saling bersinergi dengan produk yang sudah ada tetapi produk yang di sleksi harus mempunyai nilai jual yang tinggi, sehingga perusahaan dapat mengurangi dampak kerugian yang cukup besar

3. Product Specialization

    Perusahaan membuat suatu produk yang khusus untuk menjadi ikon perusahaan tersebut sehingga perusahaan lebih dikenal dengan produk khususnya itu dan lebih mudah untuk menarik hati konsumen.

4. Market Specialization

    Disini perusahaan hanya berkonsentrasi menjual produk pada kelempok tertentu agar ketika perusahaan membuat produk baru lebih mudah dipasarkannya, tetapi kerugiannya ketika kelompok tersebut tidak lagi melakukan pembelian maka perusahaan akan rugi.

5. Full Market Coverage

    Perusahaan melayani semua segmen yang di butuhkan pasar, tetapi pada analisa ini hanya perusahaan yang sudah bonafit yang mampu melayani semua kebutuhan pasar. perusahaan juga lebih banyak melakukan pemasaran agar produknya tetap di sukai semua pasar.

 

SUMBER :

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2849/1/A-18.%20Suryarini%20Widodo,%20Sarifuddin%20Madenda%20,%20dan%20Prihandoko.pdf

Sampingan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: